Xiaomi Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Ketiga di Dunia Lewati Apple

Xiaomi Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Ketiga di Dunia Lewati Apple – Xiaomi menggeser kedudukan Apple sebagai pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia, menurut laporan teranyar dari firma riset pasar Gartner untuk penjualan smartphone kuartal III-2020. Dari lima vendor smartphone yang masuk didalam daftar, Xiaomi mengalami pertumbuhan pangsa pasar paling besar dibanding yang lainnya. Vendor asal China itu mencatat angka penjualan 44,4 juta unit terhadap kuartal III-2020, meningkat 34,9 persen dibandingkan periode yang mirip th. sebelumnya. Sementara Apple, yang ini tempati urutan keempat, mengalami penurunan penjualan sebesar turun 0,6 persen, dengan angka penjualan yang terpaut lebih kurang empat juta unit di bawah Xiaomi.

Xiaomi Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Ketiga di Dunia Lewati Apple

xiaomi-jadi-pabrikan-smartphone-terbesar-ketiga-di-dunia-lewati-apple

Meski demikian, menurut Gartner, kelebihan Xiaomi terhadap Apple di kuartal III-2020 hanya sementara. Sebab, penjualan ponsel Apple diprediksi dapat melonjak begitu iPhone 12 terasa masuk didalam penghitungan di kuartal berikutnya. Masih dari laporan yang sama, Samsung masih jadi penguasa smartphone international dengan kenaikan pangsa pasar sebesar 2,2 persen secara Year-over-Year dan angka penjualan 80,8 juta unit smartphone. judibolalive99 Kemudian Huawei bercokol di posisi kedua dengan penjualan 51,8 juta unit. Huawei mengalami penurunan lumayan signifikan, yaitu 21,3 persen secara YoY. Kemungkinan besar penyebabnya adalah sanksi pemerintah AS terhadap Huawei yang membawa dampak penjualannya lesu secara global. Oppo menutup lima besar daftar penguasa smartphone international didalam laporan ini dengan penjualan 29,8 juta dani penurunan pangsa pasar sebesar 2,3 persen.

Total penjualan smartphone dunia mencapai 366 juta unit terhadap kuartal III-2020. Jumlah tersebut turun 5,7 persen dibanding periode yang mirip th. lalu. Kendati selalu turun, tapi sedikit lebih membaik dibanding kuartal II-2020 yang mengalami penurunan sebesar 20 persen. Secara year over year (YoY), penjualan smartphone international mencapai 401 juta unit, turun sebanyak 8,7 persen. “Penjualan smartphone international mengalami pertumbuhan yang lumayan dari kuartal II ke kuartal III-2020. Ini sebab permintaan yang tertahan dari kuartal sebelumnya,” menyadari Anshul Gupta, direktur riset senior Gartner, dihimpun KompasTekno dari situs Gartner.

Pemulihan pasar smartphone terasa keluar di beberapa negara seperti di kawasan Asia Pasifik dan Amerika Latin. Kondisi yang hampir normal di China juga terasa sanggup isikan kekosongan pasokan komponen untuk memproses smartphone terhadap kuartal III-2020. Gartner juga menjelaskan bahwa penjualan smartphone di tiga negara terbesar untuk pasar smartphone, yaitu India, Indonesia, dan Brazil, sama-sama mengalami peningkatan untuk pertama kalinya di th. ini. Penjualan smartphone di India tercatat naik sebesar 9,3 persen, Indonesia 8,5 persen, dan Brasil 3,3 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *